Manajemen Bisnis

/Manajemen Bisnis
Manajemen Bisnis2018-12-04T13:47:28+00:00
Manajemen Bisnis
S1 Manajemen – Terakreditasi A

Manajemen

Manajemen

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ilmu manajemen berkembang sejalan dengan era globalisasi dan information communication technology yang memberikan pemahaman tentang pendekatan ataupun tata cara penting dalam meneliti, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah manajerial. Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi.

KOMPETENSI LULUSAN :

KOMPETENSI UTAMA :

Lulusan Program Studi Manajemen Universitas Esa Unggul harus mempunyai kompetensi:

  1. Mampu merancang usaha bisnis.
  2. Mampu mengelola usaha bisnis secara profesional.
  3. Mampu menciptakan inovasi baru dalam bisnis.
  4. Mampu membaca peluang untuk usaha bisnis baru dan dan inovasi baru
  5. Mampu melakukan komunikasi dan negosiasi dalam bisnis.

KOMPETENSI PENDUKUNG :

  1. Memiliki wawasan internasional
  2. Memiliki kemampuan komunikasi dua bahasa yang baik
  3. Memiliki kemampuan profesional dan beretika bisnis.
  4. Mampu melakukan analisis informasi untuk pengambilan keputusan.
  5. Memiliki kemampuan teknologi informasi

KOMPETENSI LAINNYA :

    1. Bersikap terbuka dan mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan jaman
    2. Memiliki kemapuan dalam mengembangkan kepribadian.
    3. Mampu menelaah fenomena perubahan lingkungan usaha

Download :

  1. Pedoman Akademik Fakultas Ekonomi UEU 2013/2014
  2. Pedoman Akademik Fakultas Ekonomi UEU 2014/2015
  3. Pedoman Akademik Fakultas Ekonomi UEU 2015/2016
  4. Pedoman Akademik Fakultas Ekonomi UEU 2016/2017
VISI, MISI, TUJUAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Visi

Menjadi Program Studi Manajemen yang memiliki reputasi nasional dan reputasi internasional di bidang manajemen bisnis melalui tridharma perguruan tinggi yang berjiwa kreatif, enterpreneurship, dan mandiri yang beretika bisnis.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang dapat meningkatkan kreativitas dan kemandirian mahasiswa melalui pelatihan dan studi kasus untuk mata kuliah utama, serta mengembangkan jiwa kewirausahaan melalui latihan dan praktek yang mengikuti perkembangan dunia usaha.
  2. Melakukan penelitian unggulan di bidang manajemen bisnis yang dapat mendorong kreativitas dan kemandirian mahasiswa serta meningkatkan jiwa kewirausahaan melalui penggunaan teknologi informasi terbaru dengan menyesuaikan kualitas penelitian berdasarkan standar nasional dan internasional.
  3. Menyelenggarakan program pengabdian pada masyarakat bidang manajemen bisnis yang berkaitan dengan kreativitas dan kemandirian serta kewirausahaan melalui kerjasama dengan masyarakat, dunia industri, dan instansi terkait.

Tujuan

a) Menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan karakteristik sebagai berikut:

  1. Memiliki jiwa kreatif, mandiri, dan entrepreneurship yang didukung oleh sikap integritas kepribadian tinggi.
  2. Memiliki kemampuan yang memiliki kreativitas dan kemandirian yang tinggi di bidang manajemen bisnis sehingga mampu melakukan analisis dan menemukan solusi atas masalah dalam lingkup keahliannya.
  3. Memiliki kemampuan berpikir yang analitis dan terbuka sehingga tanggap terhadap perubahan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang manajemen bisnis.
  4. Mempunyai kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan ketrampilan teknologi yang dimiliki khususnya di bidang manajemen bisnis.
  5. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang manajemen bisnis.

b) Menghasilkan penelitian yang memperkaya ilmu pengetahuan dengan pengembangan model manajemen bisnis, kreatif, mandiri, dan entrepreneurship dalam rangka memecahkan masalah di masyarakat dan memberi kontribusi pada pembangunan.

c) Melakukan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk pembinaan, pelatihan, pendampingan, dan pemberdayaan dalam rangka menumbuhkan jiwa kreatif, mandiri, dan entrepreneurship serta meningkatkan kemampuan dan peran serta masyarakat dalam pembangunan.

Proses Pembelajaran

  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence).
  2. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC).
  3. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum.
  4. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi.
  5. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik.
  6. Bimbingan Akademik.
  7. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional.
  8. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif.
  9. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa.
  10. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.

Profesi dan Karir Lulusan

Sarjana Manajemen dapat bekerja dan berkarir sebagai :

      1. Wirausahawan (entrepreneur) yang mampu membangun usaha.
      2. Profesional yang berkarir di instansi pemerintah dan swasta sebagai profesional pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, rumah sakit, hotel, perbankan, pendidikan, dan lain lain.
      3. Scientist yang professional sesuai bidang karir di berbagai usaha.
      4. Profesional yang mampu mengelola usaha.
      5. Menjadi Konsultan manajemen/bisnis yang handal, dan Wirausahawan yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.

Esa Unggul Career Center

      1. Sebagai lembaga yang membantu membentuk lulusan yang trampil, mahir dan berkepribadian untuk menghadapi tantangan dunia kerja melalui program pelatihan dan pengembangan
      2. Menyediakan informasi peluang kerja bagi mahasiswa dan lulusan UEU di jaringan komunikasi konvensial dan elektronik (
        www.esaunggul.ac.id)
      3. Mengelola jaringan komunikasi (networking) antara alumni
      4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga profesi, bisnis, pelayanan kesehatan, industri jasa dan manufaktur dalam rangka penyaluran SDM lulusan UEU
Kerjasama

Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain:

  • Jakarta Insurance Institute (JII);
  • Pusat Pelatihan Ekspor Impor Indonesia (PPEI);
  • Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpajakan (Pusdiklat Pajak);
  • SAP (Software Application Program);
  • Sistem Informasi Keuangan Daerah (PT USADI);
  • Universiti Kebangsaan Malaysia;
  • Value Plus Accounting Software;
  • Zahir Accounting Software

Academic Partners

Fasilitas

Untuk menunjang proses pembelajaran dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi, telah tersedia beberapa fasilitas laboratorium, seperti Laboratorium Akuntansi, Laboratorium Perpajakan, Laboratorium Statistik, Software Alliance Program,Fundamental dan Financial, Laboratorium Enterprise Resource Planning (by SAP) Laboratorium Komputer

      1. Microsoft Office
      2. Akuntansi Manajemen
      3. Akuntansi Biaya
      4. TOEFL dan Business English
      5. Statistik
      6. Ekonometrika
      7. Riset Operasional
      8. Value Plus Accounting
      9. Metodologi Penelitian
      10. Software Alliance Program : Fundamental dan Financial

PerpustakaanBuku Teks

      1. International Marketing Management, Subhash C. Jain, South Western, 2005
      2. A Preface to Marketing Management; J. Paul Peter, McGraw-Hill, 2006
      3. Akuntansi Biaya; Milton F. Usry, Erlangga
      4. Akuntansi Manajemen; Mulyadi
      5. Blue Ocean Strategy; W.Chan Kim,Harvard Business, 2005
      6. Business Models: a Strategic Management Approach,Allan Afuah, Mc Graw, 2004
      7. Consumer Behavior; Leon G. Schiffman , Prentice Hall, 2007
      8. Corporate Finance; Ricard A. Brealey, McGraw-Hill, 2006
      9. Cost and Managerial Accounting Jack Gray, McGraw-Hill
      10. Customer Relationship Management : Concepts and tools; Francis Buttle, Bayu Media, 2007
      11. Global Marketing Management A Strategic Perspective”; Brian Toyne, Allyn & Bacon, 2005
      12. Manajemen SDM; Gary Dessler, Prenhalindo, 2005
      13. Manajemen Strategik; Abdul Wahab Abdoel Kadir, Pramita Press, 2007
      14. Marketing Management AStrategic Decision Making Approach”, John W. Mullins, McGraw Hill, 2005
      15. Marketing Management; Philip Kotler, Prentice-Hall, 2003
      16. Marketing Research for Beginner : Panduan Praktis riset pemasaran bagi pemula; Prima Ariestonandri, Andi, 2006
      17. Metodologi Penelitian Bisnis ; H. Moh. Pabundu Tika, Bumi Aksari, 2006
      18. Multinational Marketing Management; Warren J. Keegan, Prentice-Hall, 2004
      19. Operations Research Applications and lgorithms; Wayne L. Wiston, PWS,2005
      20. Organizational Behavior; Fred Luthans, McGraw-Hill, 2005
      21. Organizational Behavior; Fred Luthans, McGraw-Hill, 2005
      22. Principles of Marketing, Philip Kotler, Prentice Hall, 2004
      23. Retail Marketing Management; David Gilbert, Prentice Hall, 2003
      24. Studi Kelayakan Bisnis; Iban Sofyan, Graha Ilmu, 2004

Jurnal Internasional

      1. Forum Ilmiah INDONUSA Mencerdaskan Bangsa:, UIEU, 2008
      2. Forum INOVASI; FISIP UI, 2003
      3. Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia; 2003
      4. Jurnal Ekonomi Media Ilmiah INDONUSA; UIEU, 2006
      5. Jurnal Ekonomi TELESKOP; STIE YAI, 2007
      6. Jurnal Ekonomi; STEI, 2004
      7. Jurnal Ekonomi; Tarumanagara, 2005
      8. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Wacana STIE-Gandhi; STIE Gandhi, 2006
      9. Jurnal Ilmiah SUTISNING; UKIP, 2007
      10. Jurnal Organisasi & Manajemen; Univ Terbuka, 1007
      11. Jurnal Organisasi dan Manajemen; Univ. Terbuka, 2007
      12. Jurnal Reformasi Ekonomi; Lspeu Indonesia, 2007
      13. Kompetensi; Univ. Cokroaminoto Yogyakarta, 2003
      14. Pangsa Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan; Univ Muhammadiyah Yogyakarta, 2003

E-Journals

      1. Business Communications Review
      2. Business Economics
      3. Investment Management Weekly
      4. Journal of Banking and Financial Services
      5. Journal of Business Strategies
      6. Journal of Database Management
      7. Journal of Global Information Management
      8. Journal of Leadership and Organizational Studies
      9. Management International Review
      10. Management Quarterly
      11. Management Science
      12. Management Today
      13. Marketing Science
      14. Marketing Week
      15. Product Management Today
      16. Public Management
      17. Supply Chain Management Review
      18. Total Quality Management & Business Excellence

Skripsi

        1. Analisa Penentuan Portofolio Optimal dengan Menggunakan Model Indeks Tunggal dari 20 Saham Unggulan tahun 2003-2005 di Bursa Efek Jakarta; Herny, 2006
        2. Analisa Penentuan Portofolio Optimal dengan Menggunakan Model Indeks Tunggal dari 20 Saham Unggulan tahun 2003-2005 di Bursa Efek Jakarta; Herny, 2006
        3. Analisa Pengaruh Beberapa Faktor Fundamental dan Risiko Sistematis Terhadap Harga Saham Perusahaan Yang tergabung Dalam Saham LQ 45 di Bursa Efek Jakarta (BEJ ) Periode 2001-2006
        4. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Membeli pada SPBU Petronnas; Achmad Agus Setiawan, UIEU, 2008
        5. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Price Earning Ratio Pada Perusahan – Perusahaan LQ 45 di Bursa Efek Jakarta Tahun 2004-2006; Dina Primadini, 2008
        6. Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Harga Saham LQ 45 di Bursa Efek Jakarta (BEJ); Ester Selviana, UIEU, 2007
        7. Analisis Pengaruh Faktor Produk, Harga, Promosi dan Distribusi Terhadap Perilaku Konsumen dalam Berbelanja di Pasar Swalayan Ramayana; Yeyen Yuliana, UIEU, 2006
        8. Analisis Perbandingan Tingkat Penjualan TV LG Wilayah Asia, Middle East dan Africa; Najha, UIEU, 2007
        9. Hubungan Kualitas Pelayanan BCA Bizz dengan Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Central Asia, Tbk. Kantor Cabang Pembantu Taman Sari Jakarta; Billy Tanu Subiakto, UIEU, 2007
        10. Pengaruh Faktor-faktor Pembelian Sabun Mandi Kesehatan Lifebuoy Terhadap Jumlah Pembelian; Sarifah, UIEU, 2007
        11. Pengaruh Kepuasan Pelayanan Konsumen Terhadap Volume Pengiriman Barang pada PT. Djakarta LLOYD; Ira Veranthy, UIEU, 2002

Tesis

        1. Analisis Determinan Kinerja Reksa Dana Saham di Indonesia dengan Error Correction Model (ECM) Engel Granger; Septi Satriana Sumanthi, UIEU, 2008
        2. Analisis Hubungan Pendidikan dan Pelatihan Teknis Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor dengan Prestasi Kerja Penguji Studi Kasus Pada Dinas Perhubungan Kota Bandung; Kusmajadi Moch. Musa, UIEU,2003
        3. Analisis Pengaruh Faktor Fundamental dan Risiko Sistematis Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta; Yosevin Karnawati, UIEU, 2007
        4. Analisis Pengaruh Restitance to Change dan Brand Equity Terhadap oyalitas Konsumen Stikko Finger; Budi, UIEU, 2007
        5. Analisis Sosial Ekonomi Pariwata Alam; Liesi Diana Susilo, UIEU, 2002
        6. Analysis Preferensi Orang Tua Siswa Terhadap Jasa Pendidikan SLTP Budaya di Jakarta Barat; Ade Chandra, UIEU, 2007
        7. Identifikasi Indikator Kegiatan Bank Perkreditan Rakyat di Wilayah Jabodetabek; Bowo Widyohartadi, UIEU, 2007
        8. Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Direktorat Pengawasan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja Departemen Tenaga Kerja dan Transmigasi R.I; Agusa Sunaryo, UIEU, 2007
        9. Pengaruh Mutu Produk dan Distribusi Terhadap kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Pada Produk Foam PT. IFI Sentra; Edhie Setiawan, UIEU, 2007
        10. Pengaruh Pelatihan dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Kratau Steel; Romulus Hutagalung, IEU, 2005
        11. Pengaruh Pengawasan, Motivasi, dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Harian Lepas Pada PT. Sparindo Alfa Persada; Harsono, UIEU 2007
Kurikulum Program Studi Manajemen
Download
Distribusi Mata Kuliah Program Studi Manajemen

Dosen Pengajar

    1. ABDURRAHMAN, SKM, MM.
    2. ADE SYARIF MAULANA, ST, MM
    3. AGUS FIRMANSYAH, S.Sos
    4. AMO SUGIHARTO, SE, M.M
    5. ANDI HIDAYAT MUHMIN, SE, MM.
    6. BARIKA, SE, MM
    7. CHAJAR MATARI FATH MALA, SE, MM
    8. CORNELIUS LUDI PRIYATMO, S.Sos,MM
    9. DEWI ANGGRAENI, SE, MM
    10. DODI RIA ATMAJA, S.Sos, MM
    11. Dr, Ir, DEDY DEWANTO, ACII,MM
    12. Dr. Ir. ROJUANIAH, MM.
    13. Dra. IIN ENDANG MARDIANI, MM
    14. Dra. SURYARI PURNAMA, MM
    15. Drs. DIHIN SEPTYANTO, ME
    16. Drs. KOMARUDIN, MAP
    17. Drs. MUDJIARTO, M.Si
    18. Drs. SUGENG BASKORO, MM
    19. Drs. SUGIYANTO, MM
    20. Drs. TEGUH HERIAWAN, MM
    21. EDDY JOHN, SE,MM
    22. ELISTIA, SE, MM
    23. GILANG PRATAMA HAFIDZ, SE.S.Kom.MM
    24. Ir. BENY WITJAKSONO, MM
    25. Ir. JATMIKO, MM
    26. Ir. RITTA SETIYATI, MM
    27. JOEL FARUK SOFYAN, SE, M.Ec
    28. LISTA MERIA, S.Kom, MM
    29. MOEHAMMAD UNGGUL JANUARKO, SE.M.Sc
    30. MOHAMMAD FAJAR SYAHWALI, ST, MM
    31. MUHAMMAD ARIEF, SE,MM
    32. MUHAMMAD FARIZ, SE, MBA
    33. MUHAMMAD HARIS MOEDJENI, S.S, MBA
    34. MUHAMMAD MAKHROJAN, SE, MM
    35. MUSLIM, SE, MM
    36. NINA NURHASANAH, SE, MM
    37. NURJANNAH ENDAH RAHAYU, SE, MM
    38. PUSPITA CHAIRUN NISA, SE, MM
    39. RA NURLINDA, SE, MM.
    40. SAMUDRO SETO, BSc, MBA
    41. SUKARMAN, S.Si,M.Ec.Dev.M.Sc
    42. TRIE RUNDI HARTONO, SE, MM

Kontak Kami

Kampus Utama
Jalan Arjuna Utara No.9
Kebon Jeruk, Jakarta 11510
Tlp : (021) 5674152(direct)
(021) 5674223 (hunting) ext 209, 279
Program Internasional: 081320003806 /081320003807
Program Reguler WA: 081390072244

Kampus II
Jalan Citra Raya Boulevard
Ecopolis SA Blok VD. 02
Citra Raya, Tangerang
Tlp : (021) 22596025, 22596026
Program Reguler WA: 081398691114

Kampus III
Komplek Office Park Blok 5 No. 11-17, Jalan Boulevard Raya
Kota Harapan Indah, Bekasi
(Samping Kantor Camat Medan Satria)
Tlp : 021 88381493 / 021 88381494
Program Reguler WA: 081390075454