Manajemen

S1 Manajemen – Terakreditasi A Nasional (BAN-PT) dan Terakreditasi Internasional (ASIC)


Manajemen Bisnis

Program studi Manajemen Bisnis akan memberikan kamu pengetahuan seputar bisnis dan kewirausahaan. Pada awal masa perkuliahan kamu akan mendapatkan pengetahuan dasar tentang bisnis dan ilmu manajemen. Selanjutnya kamu akan mendapatkan pengetahuan praktik dan keahlian di bidang produksi, manajemen mutu, dan manajemen proyek. Disini kemampuan analisis kamu juga akan diasah terkait dengan kelayakan bisnis, kemampuan komunikasi kamu juga akan ikut serta di upgrade dengan adanya ilmu Komunikasi Bisnis dan Teknik Negosiasi Bisnis dalam perkuliahan. Mahasiswa program ini akan mempelajari keterampilan untuk dapat menangani masalah bisnis dan mengembangkan strategi bisnis.

Pilihan Peminatan

  • Manajemen Bisnis
  • Entrepreneurship
  • Bisnis Syariah
  • Digital Bisnis
  • Lean Management
  • General Management

KOMPETENSI LULUSAN :

KOMPETENSI UTAMA :

Lulusan Program Studi Manajemen Universitas Esa Unggul harus mempunyai kompetensi:

  1. Mampu merancang usaha bisnis.
  2. Mampu mengelola usaha bisnis secara profesional.
  3. Mampu menciptakan inovasi baru dalam bisnis.
  4. Mampu membaca peluang untuk usaha bisnis baru dan dan inovasi baru
  5. Mampu melakukan komunikasi dan negosiasi dalam bisnis.

KOMPETENSI PENDUKUNG :

  1. Memiliki wawasan internasional
  2. Memiliki kemampuan komunikasi dua bahasa yang baik
  3. Memiliki kemampuan profesional dan beretika bisnis.
  4. Mampu melakukan analisis informasi untuk pengambilan keputusan.
  5. Memiliki kemampuan teknologi informasi

KOMPETENSI LAINNYA :

    1. Bersikap terbuka dan mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan jaman
    2. Memiliki kemapuan dalam mengembangkan kepribadian.
    3. Mampu menelaah fenomena perubahan lingkungan usaha

Download :

  1. Pedoman Akademik Fakultas Ekonomi UEU 2013/2014
  2. Pedoman Akademik Fakultas Ekonomi UEU 2014/2015
  3. Pedoman Akademik Fakultas Ekonomi UEU 2015/2016
  4. Pedoman Akademik Fakultas Ekonomi UEU 2016/2017

VISI, MISI, TUJUAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Visi

Visi dari PS Manajemen FEB-UEU adalah:
Menjadi Program Studi Manajemen yang memiliki reputasi nasional tahun 2018 dan internasional tahun 2024 di bidang manajemen dan bisnis yang unggul dalam tridharma perguruan tinggi melalui pengembangan kreatifitas, kewirausahaan, dan mandiri yang beretika bisnis.

Memiliki reputasi berarti PS Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Esa Unggul bertekad menjadi program studi yang:
a.Menjalankan praktek-praktek akademik terbaik (best practices) dalam kegiatan proses  belajar mengajar yang dilakukan oleh program studi pada perguruan     tinggi kelas dunia;
b. Mengadopsi standar-standar akademik terbaik yang menjadi acuan perguruan tinggi kelas dunia;
c. Menghasilkan luaran akademik yang diakui oleh komunitas global;
d. Mempunyai lulusan yang mandiri, berjiwa entrepreneurship, inovatif dengan kompetensi dan daya saing global;
e. Membangun jejaring kerja sama dengan berbagai institusi dan instansi dari mancanegara;
f. Dikenal di dunia internasional.

Sedangkan dalam pengembangan sumber daya manusia yang unggul, mandiri, kreatif, professional, dan kewirausahaan berarti mengarahkan, membentuk, dan mengembangkan sumber daya manusia. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Esa Unggul bertekad untuk menjadi program studi yang mengolah, mengembangkan, dan menghasilkan sumber daya manusia yang:

  • Unggul: yaitu sumber daya manusia yang visioner, cerdas, berpikir kritis, dan analitis dalam mengembangkan ide ide dan ilmu pengetahuan baru;
  • Mandiri: yaitu sumber daya yang memiliki kemamuan kemandirian dan kemampuan untuk menjadi manajer madya yang mampu memimpin, mengelola, dan mentransformasi organisasi yang dipimpinnya untuk menjadi organisasi yang memiliki kapabilitas dalam mencapai visi misinya
  • Kreatif: yaitu sumber daya manusia yang secara inovatif mampu menerapkan ilmu pengetahuan baru yang dikembangkannya untuk dapat meningkatkan kesejahteraan umat manusia;
  • Profesional: yaitu sumber daya manusia yang mempunyai komitmen dengan profesinya, berjiwa luhur, beretika, dan berkontribusi dalam pengembangan profesi akuntansi.
  • Mempunyai jiwa entrepreneurship: mampu melakukan branding hasil penerapan ilmu pengetahuan sehingga dapat menghasilkan keuntungan ekonomis dan nilai tambah.

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Esa Unggul akan dikenal sebagai program studi yang bukan hanya menghasilkan lulusan sarjana yang cerdas secara akademik, namun juga menghasilkan pemimpin-pemimpin yang mampu memimpin dengan sangat baik, dan menciptakan entrepreneur yang kreatif serta mampu membuka lapangan pekerjaan. Di samping itu, dengan adanya pernyataan dalam visi yang menggambarkan adanya tekad Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Esa Unggul untuk unggul, mencerminkan bahwa segenap sivitas akademika percaya bahwa Program Studi Manajemen FEB-UEU menjadi program studi yang mempunyai reputasi tinggi bila mampu berkontribusi pada masyarakat melalui proses pendiseminasian ilmu pengetahuan (pendidikan), penemuan pengetahuan baru (penelitian), dan pengaplikasian ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan umat manusia (pengabdian pada masyarakat) yang unggul, yaitu yang terbaik untuk mewujudkan harapan individu, institusi, masyarakat dan bangsa.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang dapat meningkatkan kreativitas dan kemandirian mahasiswa melalui pelatihan dan studi kasus untuk mata kuliah utama, serta mengembangkan jiwa kewirausahaan melalui latihan dan praktek yang mengikuti perkembangan dunia usaha.
  2. Melakukan penelitian unggulan di bidang manajemen bisnis yang dapat mendorong kreativitas dan kemandirian mahasiswa serta meningkatkan jiwa kewirausahaan melalui penggunaan teknologi informasi terbaru dengan menyesuaikan kualitas penelitian berdasarkan standar nasional dan internasional.
  3. Menyelenggarakan program pengabdian pada masyarakat bidang manajemen bisnis yang berkaitan dengan kreativitas dan kemandirian serta kewirausahaan melalui kerjasama dengan masyarakat, dunia industri, dan instansi terkait.

Tujuan

a) Menghasilkan lulusan yang berkualitas unggul dengan karakteristik sebagai berikut:

  1. Memiliki jiwa kreatif, mandiri, dan entrepreneurship yang didukung oleh sikap integritas kepribadian tinggi.
  2. Memiliki kemampuan kreatif dan kemandirian yang tinggi di bidang manajemen dan bisnis sehingga mampu melakukan analisis dan menemukan solusi atas masalah dalam lingkup keahliannya.
  3. Memiliki kemampuan berpikir yang analitis dan terbuka sehingga tanggap terhadap perubahan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang manajemen dan bisnis.
  4. Mempunyai kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan ketrampilan teknologi yang dimiliki khususnya di bidang manajemen dan bisnis.
  5. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang manajemen dan bisnis.

b) Menghasilkan penelitian yang memperkaya ilmu pengetahuan dengan pengembangan model manajemen dan bisnis, kreatif, mandiri, dan kewirausahaan dalam rangka memecahkan masalah di masyarakat dan memberi kontribusi pada pembangunan.

c) Melakukan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk pembinaan, pelatihan, pendampingan, dan pemberdayaan dalam rangka menumbuhkan jiwa kreatif, mandiri, dan kewirausahaan, serta meningkatkan kemampuan dan peran serta masyarakat dalam pembangunan.

Proses Pembelajaran

  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence).
  2. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC).
  3. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum.
  4. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi.
  5. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik.
  6. Bimbingan Akademik.
  7. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional.
  8. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif.
  9. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa.
  10. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.

Profesi dan Karir Lulusan

Sarjana Manajemen dapat bekerja dan berkarir sebagai :

      1. Wirausahawan (entrepreneur) yang mampu membangun usaha.
      2. Profesional yang berkarir di instansi pemerintah dan swasta sebagai profesional pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, rumah sakit, hotel, perbankan, pendidikan, dan lain lain.
      3. Scientist yang professional sesuai bidang karir di berbagai usaha.
      4. Profesional yang mampu mengelola usaha.
      5. Menjadi Konsultan manajemen/bisnis yang handal, dan Wirausahawan yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.

Kerjasama

Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain:

  • Jakarta Insurance Institute (JII);
  • Pusat Pelatihan Ekspor Impor Indonesia (PPEI);
  • Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpajakan (Pusdiklat Pajak);
  • SAP (Software Application Program);
  • Sistem Informasi Keuangan Daerah (PT USADI);
  • Universiti Kebangsaan Malaysia;
  • Value Plus Accounting Software;
  • Zahir Accounting Software

Academic Partners

Fasilitas

  • Laboratorium Akuntansi

  • Laboratorium Perpajakan

  • Laboratorium Statistik

  • BI Corner

  • Perpustakaan

  • Kemala Ballroom

  • Lapangan Basket

  • Lapangan Futsal

  • Kantin

  • Klinik Esa Medhika

  • Software Alliance Program : Fundamental dan Financial

  • Laboratorium Enterprise Resource Planning (by SAP)

  • Laboratorium Komputer

  • Tokopedia Corner

  • Studio E-Learning

  • Lapangan Voli

  • Masjid

  • Surabi Teras

  • Climbing

  • Klinik Fisioterapi

Berita

Lihat Lebih Detail

Testimoni Alumni

Saya mengenyam pendidikan jurusan manajemen keuangan angkatan 2002. Berhasil memperoleh “Kemala Award” sebagai salah satu penerima beasiswa dan lulusan tercepat dengan predikat Cum Laude. “Suatu kebanggaan bagi saya menjadi bagian dari Universitas Esa Unggul. Program dan metodologi pembelajaran sangat efektif & efisien, mahasiswa pro aktif dan leluasa mengeluarkan ide-idenya. Kurikulum sangat implementative sehingga mendukung kita masuk ke dunia profesional. Saya sangat bersyukur, apa yang saya dapat di bangku perkuliahan di Esa Unggul bisa saya implementasikan di dunia profesional saya.”

Sigit Murdoyo, S.M, Angkatan 2002, Credit Corporate Head Manager, PT. BFI Finance Indonesia Tbk.