Esaunggul.ac.id – Digital marketing berubah cepat mengejar tren marketing trend ini bisa menghasilkan gol jangka pendek untuk jangka panjang , untuk jangka panjang kita butuh Pondasi yang lebih kuat yaitu strategi yang udah teruji sebelumnya dan diprediksi tetap teruji ke depannya, tapi selalu ada baru dalam dunia Digital marketing yang itu bisa jadi strategi untuk jangka panjang. Untuk itulah kita harus mengetahui seperti apa sih trend Digital marketing di Tahun 2022 ini.

1. Search Intent
Search Intent berhubungan dengan mesin pencari Google selalu melakukan upgrade sistem untuk lebih mengerti ya apa sih maksud dari sebuah kata pencarian dan kategori Informasi apa sih yang dicari oleh penggunanya ,contoh Google menampilkan urutan pencarian yang paling relevan yang untuk kata kunci dengan maksud pencarian informasi seperti cara pasang iklan di tiktok bagaimana , contoh lainnya pencarian dengan maksud transaksi seperti jual rumah murah di Jakarta ini , itu Google paham kalau yang dicari penggunanya adalah website marketplace yang spesifik untuk jual beli rumah ,Google itu peduli pada optimasi untuk pengguna bukan agoritma, faktanya algoritma Google terapkan agar qoogle ini lebih manusiawi ini menjadikan Google memahami maksud pencarian seperti maksud kita ingin mencari sesuatu di Google dan ada banyak trend yang baru di SEO, tapi search intent ini yang akan terus berevolusi menjadi lebih baik di tahun ini, nah kuncinya miliki aset berupa website untuk brand kita dan optimalkan SEOnya dengan mengikuti kemauan Google ini yaitu Search Intent.

2. Word of Mouth
Ini adalah Strategi marketing yang jadul sebenarnya tapi masih akan menjadi trend Digital marketing di tahun ini ,sebuah strategi yang menjadi faktor suksesnya banyak Brand Buktinya adalah 83 persen responden dari 60 negara ini mempercayai rekomendasi dari teman atau keluarga dan 66 persen mempercayai rekomendasi online 88 persen pembeli online merasakan dampak word of mouth ini dari membaca review online ini sebagai pengaruh utama keputusan mereka membeli dan word of mouth ini memang bisa kita lihat sendiri Buktinya seperti misalnya di kita lihat di berbagai interaksi diskusi dan konten yang dibagikan di media sosial user-generated content , Misalnya tentang brand atau produk Ya seperti customer review, Unboxing ya kemudian shopee haul dan sejenisnya lah juga dari semakin populernya endorsement influencer , influencer marketing itu memang salah satu metode Digital marketing tersendiri tapi dasarnya adalah word of mouth , orang itu lebih percaya orang lain yang ngomong dibanding brand-nya sendiri yang ngomong langsung . kuncinya gunakan strategi marketing yang bisa mengoptimalkan word of mouth ini.

3. Omni-Channel Marketing
Omni-channel ini artinya memberikan kemudahan akses bagi konsumen untuk produk ,layanan hingga support di semua channel baik platform atau perangkat aksesnya nah tren ini bisa kita lihat-lihat dari berbagai brand yang sekarang sudah masuk penjualan rite diberbagai channel misal di marketplace seperti shopee Mall kemudian di Instagram shop, tiktok shop, hingga di websitenya sendiri. Seperti di IKEA anda bisa menghubungi layanan pelanggan lewat telepon, chat wa Dan email Dan ini juga dibuktikan dari hasil riset Omnisend yang mengatakan bahwa terjadinya transaksi pembelian dari brand yang menggunakan omni channel itu lebih besar 287 persen dibanding yang menggunakan satu channel saja.
nah kuncinya ya optimalkan divisi marketing divisi sales dan device support ya yang untuk bisnis Anda ini menggunakan Omni channel

4. Video Marketing
Sudah enggak dipungkiri lagi sejak tahun 2021 video itu udah jadi standar konten di media sosial ,di Tahun 2022 ini, diprediksi akan menjadi tahunnya konten video .kita bisa lihat perkembangan dari Facebook watch ,Instagram reels ,tik tok yang jadi aplikasi paling populer dan Rising Star 1 Million Club dan tentu saja sih pemain kawakan YouTube yang terus berinovasi dengan adanya short sudah banyak Pengguna internet yang paham ya ketika mencari konten video ringan mereka itu akan cari di tiktok , di YouTube short atau Instagram reels , kalau untuk konten yang lebih mendalam mereka akan cari di Youtube dan video marketing ini akan terus jadi tren sepanjang Tahun 2022 dari data riset WyZoul , kuncinya adalah konsisten gunakan konten video untuk seluruh marketing plan anda Baik itu promosi maupun penjualan.

5. Kerja dari Rumah
Ini adalah fakta yang semakin menguat semenjak pandemi 2 tahun lalu dengan populernya aplikasi Zoom meeting, Google Meet , Trelo dll Nah kalau sebelum pandemi para digital marketer sudah banyak Yang harus menjalankan kerjanya dari rumah dan semakin populer sekali sekarang dengan istilah New normal, trend kerja dari rumah sebagai digital marketer itu semakin diburu oleh kaum milenial sebagai masa depan yang cerah, jadi jelas ya setelah pandemi berakhir pun ya kerja dari rumah ini akan terus menjadi trend Berdasarkan riset dari badan riset dan inovasi nasional di Desember 2021 yang lebih dari setahun setelah pandemic para pekerja yang dulu ngantor , saat ini udah mulai terbiasa dan beradaptasi dengan ritme kerja dari rumah akan seorang penelitinya berpendapat bahwa sistem kerja dari rumah itu jauh lebih produktif Daripada kerja dikantor .Kalau kantor perlu label punya office biar profesional bisa menggunakan jasa virtual office.

Itulah lima tren dan fakta digital marketing di tahun 2022 ini yang bisa kita ikuti polanya.

 

BACA JUGA: Jurusan Ekonomi Bisa Bikin Kamu Tahu Cara Cengli Cuan Cincai! , Memaksimalkan Media Sosial Sebagai Alat Marketing, Bagaimana Caranya?